MULTIMEDIA
1. Pengertian Multimedia
Multimedia menurut etimologi atau asal usul bahasanya adalah berasal dari
kata multi (latin) “multus” yang berarti banyak atau lebih dari satu. Dan media
(latin) berasal dari kata latin medius yang merupakan bentuk jamak dari kata
“medium”, yang berarti perantara atau pengantar. Dalam pengertian ini, guru, buku,
dan lingkungan sekolah merupakan media. (Sadiman, dkk), media adalah segala
sesuatu yang digunakan sebagai penyalur pesan dan mengirim pesan, sehingga
dapat merangsang pikiran, perhatian, perasaan dan juga minat serta perhatian dari
siswa sedemikian rupa, sehingga di dalam proses mengajar dapat berlangsung
dengan efektif dan juga efisien sesuai dengan apa yang diharapkan.
Beberapa definisi menurut beberapa ahli:
- Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
- Kombinasi dari tiga
elemen: suara, gambar,
dan teks (McComick, 1996)
- Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau
output. Media ini dapat
berupa audio (suara,
musik), animasi, video,
teks, grafik dan
gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002).
- Alat yang dapat
menciptakan presentasi yang
dinamis dan interaktif yang
mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
- Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah:
pemanfaatan komputer untuk
membuat dan menggabungkan
teks, grafik, audio, video,
dengan menggunakan tool yang memungkinkan
pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi
2. Konsep Dasar Multimedia
Mulimedia adalah
penggunaan komputer untuk menggabungkan informasi berupa teks, gambar, suara,
animasi, atau bahkan video untuk ditampilkan kepada pengguna komputer. Ada dua
jenis multimedia, yaitu multimedia linier (tetap) dan multimedia interaktif (dapat
dikendalikan). Pada multimedia interaktif pengguna diberikan fasilitas untuk
mengendalikan atau memainkan elemen - elemen multimedia yang tersedia. Dan
apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen yang
terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai atau pengguna, maka interactive
multimedia tersebut berubah menjadi hypermedia. Contoh mudah multimedia linier
adalah media televisi.
Dalam
pemanfaatan televisi tidak terjadi suatu interaksi dari pengguna untuk mampu
mengendalikan objek multimedia yang dihasilkan. Sedangkan multimedia interaktif
yaitu pada game dan aplikasi komputer. Pengguna diberikan fasilitas kontrol
agar multimedia dapat berubah sesuai keinginan. Orang atau kelompok yang
merancang dan membangun sebuah multimedia disebut Multimedia Developer.
3. Pemanfaatan Multimedia
Pemanfaatan multimedia dapat dilakukan dalam berbagai bidang,
antara lain:
- Kegiatan kerja, dengan adanya teleworking, para pekerja dapat
melakukan pekerjaannya tidak harus dari kantor. Contoh
software yang mendukung teleworking/telecommuting adalah
Netmeeting.
- Cara belanja, homeshopping/teleshopping yaitu belanja
dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang
datang diantar ke rumah
- Jual beli, menggunakan sistem jual beli online, atau bank
menggunakan cara online-banking.
- Cara memperoleh informasi, menggunakan internet dan
berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya:
membaca koran online, belajar musik dari software dan
sebagainya.
- Cara belajar, proses pembelajaran menggunakan komputer
multimedia dengan adanya mengajar atau belajar online,
ataupun menggunakan e-book (electronic book).
Multimedia juga memiliki peran yang penting dalam berbagai
bidang, seperti: ekonomi, pendidikan, teknologi informasi, dan
bidang lainnya.
Penyajian multimedia secara visual dapat membantu menjelaskan
bidang ekonomi atau bisnis yang ditawarkan, seperti tentang
profil, produk, jasa, maupun hal lain mengenai perusahaan.
Penyajian bisnis bisa merupakan multimedia linier atau
multimedia interaktif yang diperlukan untuk menjelaskan sesuatu
lebih terperinci dan akurat.
Penyajian informasi dapat dikomunikasikan menggunakan alat
bantu seperti hardcopy, CD/DVD, atau komputer. Pembuatan dan
penyajian informasi dengan komputer berbasis multimedia
dilengkapi dengan kemampuan menyajikan animasi, suara dan
interactive link, sehingga lebih komunikatif. Bidang informasi dan
komunikasi diantaranya berkaitan dengan jaringan dan internet
yang membantu dalam pembuatan website yang menarik,
informatif, dan interaktif. Di tempat-tempat
umum seperti di pusat perbelanjaan dapat memberikan informasi
tentang peta kota, jadwal transportasi, tempat wisata, keadaan
Bidang periklanan yang efektif dan interaktif. Iklan digunakan
untuk menawarkan produk kepada konsumen. Iklan bisa
berbentuk teks atau audio yang dilengkapi video. Iklan tersebut
dapat dilengkapi animasi seperti gambar kartun dua dimensi atau
tiga dimensi dengan perangkat lunak yang tersedia. Pembuatan
iklan berbasis multimedia dapat dilakukan dengan komputer
melalui cara pemodelan, pembuatan animasi teks dan gambar
serta suara. Iklan akan lebih komunikatif bila konsumen dapat
interaktif melakukan pemrosesan dan hasilnya dapat dilihat
langsung. Iklan dibuat agar bisa disajikan melalui televisi
ataudibuat dalam bentuk CD ROM, sehingga dapat digunakan di
manapun pemasar dan konsumen berada.
Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan ajar secara
interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena
didukung oleh berbagai aspek seperti suara/audio, video, animasi,
teks, dan grafik. Pendidikan sangat membutuhkan teknologi
multimedia. Peserta didik dapat langsung melihat dan mendengar
tentang hal-hal yang dipelajarinya. Dalam aplikasi pembelajaran
peserta didik dapat memilih materi atau subjek yang akan
dipelajari. Di layar monitor akan muncul teks materi/subjek
disertai gambar, suara, atau gambar hidup dari subjek yang
dipelajari. Perhatian peserta didik akan lebih terpusat dan rasa
ingin tahunya akan lebih tinggi untuk mempelajari hal-hal lain
karena merasa tertarik akan media penyajiannya.
Proses belajar mengajar biasanya hanya menggunakan alat bantu
papan tulis, white board, buku-buku, diktat, dan lain-lain.
Penggunaan alat bantu konvensional ini belum dapat mencapai
tujuan secara optimal. Untuk meningkatkan kualitas hasil
pembelajaran, diperlukan perangkat lunak aplikasi pendidikan
dengan bantuan komputer berbasis multimedia yang lebih
komunikatif dan interaktif. Hasil belajar peserta didik dapat
12
disimpan dalam basisdata dan dapat diakses setiap saat bila
diperlukan.
Film animasi dua dimensi (2D) atau tiga dimensi (3D) dapat
digunakan sebagai sarana informasi, pendidikan, dokumentasi
maupun hiburan. Film animasi dapat ditayangkan melalui televisi,
internet, maupun hiburan di rumah.Film animasi dapat digunakan
untuk presentasi, modelling, dokumenter dan lain-lain. Khusus
untuk anak-anak biasanya dibuat film animasi kartun.
Sama halnya dengan film, game 2D atau 3D juga dapat digunakan
sebagai sarana informasi, pendidikan, dokumentasi maupun
hiburan. Game dapat digunakan sebagai alat bantu belajar untuk
suatu mata pelajaran yang sulit dipahami. Game merupakan
multimedia interaktif yang sangat digemari anak-anak. Game
dibuat untuk keperluan penggunaan melalui televisi atau internet
sehingga dapat digunakan dimana pun.
Multimedia dapat ditempatkan dimana saja selama masyarakat
membutuhkan akses ke sumber informasi. Multimedia mengubah
sajian tradisional komputer yang berupa teks, menjadi suatu
media yang menarik perhatian dan keingintahuan. Penerimaan
informasi menjadi semakin baik jika disusun secara baik, sehingga
multimedia bisa menjadi sangat menghibur. Banyak produk
multimedia masuk ke rumah tangga. Kebanyakan produk
multimedia sampai ke rumah-rumah melalui televisi atau melalui
jaringan komputer pribadi (PC). Alat-alat permainan (game) pun
sudah masuk ke rumah.
Virtual reality merupakan penggunaan multimedia untuk
penjelasan secara langsung. Virtual reality dapat digunakan
sebagai sarana pemasaran, presentasi, pemodelan atau hiburan
dan lain-lain. Dengan virtual reality pemasaran untuk memasarkan
13
produk yang menarik perhatian dan minat konsumen. Presentasi
dapat dilakukan dengan pembuatan model sehingga seolah-olah
berada dalam suasana nyata sesuai dengan bahan yang disajikan.
Bagian-bagian obyek dapat dilihat dengan dan dipergunakan
dengan rinci, seperti spesifikasi yang ditentukan. Virtual reality
dapat digunakan untuk pemodelan 3D yang dibuat secara rinci
untuk setiap bagian. Misalnya model suatu bangunan yang sudah
hancur atau tidak ada untuk keperluan pariwisata, pelestarian
budaya dan sejarah. Model itu dibuat berdasarka
4. Multimedia dalam Pendidikan
Istilah multimedia yang digunakan dalam pendidikan sekarang ini
memberi gambaran terhadap suatu sistem komputer dimana
semua media; teks, grafik, audio/suara, animasi dan video berada
dalam satu model perangkat lunak yang menjelaskan atau
menggambarkan satu program pendidikan. Program multimedia
yang dirancang khusus untuk keperluan pendidikan perlu
mendapat perhatian yang serius agar program tersebut dapat
memenuhi keperluan pendidikan. Perkembangan program
multimedia untuk keperluan pendidikan akhir-akhir ini sangat
menggembirakan baik secara kuantitas maupun kualitas. Hal ini
karena banyaknya pengembang yang ikut serta menganekaragamkan pengembangan program multimedia.
Metode pengajaran dan pembelajaran berbantuan komputer
(PBK) telah mulai diperkenalkan dan kini dengan era teknologi
informasi dan komunikasi yang semakin pesat, ia semakin
mendapat banyak perhatian. Perkembangan dalam teknologi
multimedia pula menjanjikan potensi besar dalam merubah cara
seseorang belajar, cara memperoleh informasi, cara
menyesuaikan setiap informasi dan sebagainya.
Multimedia juga menyediakan berbagai peluang kepada para
pendidik mengaplikasikan berbagai teknik pengajaran dan peserta
didik diberi kesempatan untuk memegang kekuasaan kontrol
untuk sesuatu sesi pembelajaran. Peserta didik juga berpeluang
untuk menentukan teknik belajar yang sesuai dengan mereka,
membentuk pengetahuan berdasarkan kebutuhan masing-masing
serta mengalami suasana pembelajaran yang lebih menarik dan
efektif. Sumber informasi dan referensi juga bukan lagi terikat
dengan teks dari buku semata-mata tetapi lebih luas dari itu.
Kehadiran teknologi multimedia melalui Internet menambah kemampuan proses akses informasi di mana setiap informasi
dalam berbagai bentuk dan pendekatan dapat dicapai dengan
lebih mudah dan cepat.
Multimedia mempunyai beberapa keistimewaan yang tidak dimiliki oleh
media lain. Diantara keistimewaan itu adalah:
- Multimedia menyediakan proses interaktif dan memberikan kemudahan
umpan balik.
- Multimedia memberikan kebebasan kepada pelajar dalam menentukan topic
proses pembelajaran.
- Multimedia memberikan kemudahan control yang sistematis dalam proses
pembeljaran.
- Multimedia dapat membantu sisiwa mempelajari bahan pelajaran yang luas,
yang memuat berbagai konsep, fakta, prinsip, sikap keterampilan,
disamping banyak macam ragamnya juga sangat bervariasi, sehingga
memerlukan berbagi media untuk menyampaikannya.
- Multimedia dapat menumbuhkan motivasi belajar, sikap dan cara belajar
yang lebih efektif serta menumbuhkan persepsi yang lebih tinggi terhadap
hal yang dipelajari.
Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Volume 11 No.19 April 2013
60
- Multimedia membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran suatu
bidang studi, yang didukung secara multi disipliner,masing-masing disiplin
itu mengandung banyak bahan yang harus dipelajari.
- Multimedia membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran untuk
memenuhi tuntutan kurikulum, yang senantiasa berkembang sejalan dengan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dinamika masyarakat.
5. Multimedia untuk Aplikasi Umum
Berikut adalah multimedia untuk aplikasi umum:
- Aplikasi pada
Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia
Multimedia merupakan media pelatihan yang baik dan menarik
yang dikenal dengan istilah Computer Based Training (CBT). Misalnya peusahaan
IntallShield membuat
perangkat lunak multimedia yang khususkan untuk
training. Aplikasi yang
lain misalnya rekrutmen karyawan,
seperti yang dilakukan oleh L’OREAL.
- Aplikasi dalam Bidang Produksi
Penggunaan aplikasi ini digunakan untuk merancang dan merekayasa suatu produk misalnya, alat-alat elektronik dan mesin bahkan dapat pula digunakan untuk memonitor dan mengontrol proses produksi dan berkembang menuju ke sistem manufakur terintegerasi berbasis multimedia.
- Aplikasi dalam Bidang Pelayanan Keuangan
Dalam bidang pelayanan keuangan meliputi pelayanan keuangan personal, pajak, perencanaan keuangan, sumber pinjaman dan perbankan.
- Aplikasi dalam Bidang Sistem Informasi
Aplikasi dalam bidang
ini misalnya aplikasi
Sistem Informasi Akuntansi
(SIA), aplikasi Sistem Informasi Manajemen
(SIM), aplikasi Decision
Support System (DSS)
dan aplikasi Executive Information System (EIS).
- Aplikasi Otomatisasi Kantor
Dua aplikasi yang
digunakan untuk area
otomatisasi kantor yaitu
workgroup computing yang memungkinkan beberapa
orang untuk memakai komputer
yang sama pada
saat bersamaan pula. Peserta diskusi melihat tampilan bersama yang meliputi rangkaian media lengkap,
termasuk fotigrafi dan video
bergerak. Aplikasi yang kedua
adalah Desktop Video Conferencing
yang memungkinkan peserta
melakukan konferensi video
sambil duduk di
meja masing-masing dengan
menggunakan layar CP atau televisi yang tehubung.
- Aplikasi dalam Bidang Pemasaran
Penerapan
multimedia dalam bidang
ini tertuju kepada
aktivitas pemasaran, khususnya
aktivitas promosi yang
meliputi periklanan, promosi
penjualan, penjualan perseorangan,
public realtion dan penjualan langsung termasuk penjualan
melalui jaringan internet. Contoh dari aplikasi ini adalah:
- Periklanan televisi
- Interactive Multimedia
Merchandising (cara perusahaan
untuk menjangkau dan
melayani pelanggan)
- Merchandising Kiosk
- Video Kiosk
- Virtual Shopping
- Comparison Shopping
- Mass Market
Application
- Aplikasi Multimedia di Bidang Travel
Apliaksi berbasis Web digunakan sebagai penerapan layanan
perjalanan yang di dalamnya termasuk informasi biaya perjalanan, travel news,
fitur paket liburan, dan pemesanan
online untuk lodging dan transportasi melalui darat, laut dan udara.
- Aplikasi Multimedia dalam Bidang Real Estate
Multimedia komputer memungkinkan pembeli mengunjungi ratusan
properti lewat dunia maya, melihat foto rumah on-screen, memeriksa perencanaan
lantai, melihat peta jalan, dan mempelajari demografi sekeliling rumah.
- Aplikasi Multimedia dalam Bidang Kesehatan
Dalam bidang kesehatan, multimedia dapat mendukung pelayanan
dan fasilitas sistem
kesehatan, ilmu kesehatan, kantor
pendidikan medis, perpustakaan
ilmu kesehatan dan
fotografi medis serta pelayanan produksi median.
6. Internet Based
Internet merupakan suatu media untuk berbagi informasi dan
berinteraksi kapan dan di mana saja. Menurut Turban internet
merupakan jaringan komputer yang besar di dunia yang secara
aktual merupakan jaringan dari jaringan. O’Brien berpendapat
internet merupakan jaringan komputer yang berkembang pesat
dari jutaan pendidikan yang berhubungan dengan jutaan
komputer dan penggunanya banyak sekali. Banyak lembaga
pendidikan yang menggunakan media ini untuk meningkatkan
daya saingnya, meningkatkan pelayanan kepada peserta didik
atau stakeholders serta meningkatkan efektifitas dan efisiensi
kegiatan pembelajaran nyata. Akses internet yang cepat dan
mudah melalui internet membuka peluang untuk peningkatan
pembelajaran atau yang disebut dengan e-learning.
Internet menyediakan beberapa
fasilitas penting yang dapat digunakan
untuk kebutuhan internal organisasi
seperti memberikan informasi dan
komunikasi yang terorganisasi.
Fasilitas-fasilitas internet yang dapat
diperoleh oleh para penggunanya,
diantaranya:
- Surat elektronik atau dikenal
dengan sebutan e-mail.
- Penyelusuran World Wide Web
(WWW) dengan sebuah browser,
seperti google chrome, mozilla
firefox atau internet explorer.
- Berpartisipasi dalam sebuah
Usenet newsgroup atau sebuah
diskusi secara online.
- Mentransfer file
- Browsing dengan menggunakan
search engine untuk menemukan
file yang dibutuhkan.
- Penyelusuran sebuah direktori file
- Penyelusuran WAIS (Wide Area
Information Service) atau Layanan
Informasi Wilayah Luas.
Faktor utama daya tarik internet
adalah kemampuannya dapat
mengakses informasi teks, audio,
gambar, ilustrasi dan lain-lain dari
berjuta-juta web di internet dengan
lebih mudah dan cepat dibandingkan
dengan media komunikasi/informasi
yang lain. Salah satu cara untuk
mencari informasi di internet adalah
dengan menggunakan search engines.
Search engines internet, yang popular
diantaranya google, AltaVista, Excite,
HotBot, Infoseek, Lycos, Open Text,
MetaCrawler, WebCrawler dan Yahoo.
sumber:
Komentar
Posting Komentar