Permintaan dan Penawaran.
- Permintaan
Permintaan adalah jumlah barang/jasa yang diinginkan dan
mampu dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga dalma jangka waktu
tertentu dengan menganggap factor yang mempengaruhinya konstan/tetap (ceteris
paribus).
➧ Jenis-jenis permintaan
a. Berdasarkan daya beli
- Permintaan efektif, yaitu permintaan terhadap barang atau jasa yang disertai daya beli dan melakukan transaksi.
- Permintaan potensial, yaitu permintaan terhadap barang atua jasa yang disertai daya beli tetapi konsumen masih mempertimbangkan transaksinya (belum dilakukan transaksi)
- Permintaan absolute, yaitu permintaan terhadap barang/jasa yang tidak disertai daya beli.
b. Berdasarkan jumlah yang melakukan permintaan
- Permintaan individu adalah permintaan seseorang terhadap barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
- Permintaan kelompok adalah permintaan dari sekelompok orang atau masyarakat pada saat yang bersamaan (penjumlahan permintaan individu
- Hukum Permintaan
Hukum permintaan adalah hukum yang menjelaskan tentang
adanya hubungan yang bersifat negatif antara tingkat harga dengan jumlah barang
yang diminta. Apabila harga naik jumlah barang yang diminta sedikit dan apabila
harga rendah jumlah barang yang diminta meningkat. Dengan demikian hukum
permintaan berbunyi:
“Semakin turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah
barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin
sedikit jumlah barang yang bersedia diminta.”
Pada hukum permintaan berlaku asumsi ceteris paribus.
Artinya hukum permintaan tersebut berlaku jika keadaan atau faktor-faktor
selain harga tidak berubah (dianggap tetap).
- Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan
➤ Harga barang itu sendiri
Seperti yang telah dijelaskan pada hukum permintaan, harga
barang/jasa itu sendiri berpengaruh terhadap jumlah yang diminta.
➤ Pendapatan masyarakat
Pada barang normal, peningkatan pendapatan akan meningkatkan
jumlah barang/jasa yang diminta. Namun pada barang inferior (misalnya nasi
jagung), peningkatan pendapatan justru akan mengurangi jumlah barang/jasa yang
diminta.
➤ Intensitas kebutuhan
Semakin penting barang/jasa dalam memenuhi kebutuhan
seseorang maka jumlah permintaannya akan semakin meningkat. Misalnya permintaan
payung di kala hujan akan lebih tinggi dibandingkan saat tidak hujan.
➤ Jumlah penduduk
Semakin besar jumlah penduduk di suatu negara maka semkain
besar permintaannya terhadap barang/jasa.
➤ Selera
Peningkatan selera pada satu jenis barang/jasa akan
meningkatkan permintaan terhadap barang/jasa tersebut dibandingkan dengan jenis
barang/jasa lain. Misalnya permintaan terhadap tiket konser artis Korea
meningkat akhir-akhir ini karena meningkatnya kegemaran remaja Indonesia
terhadap artis-artis tersebut.
- Kurva Permintaan
Kurva ini menggambarkan hubungan fungsional antara harga dan
jumlah barang yang diminta. Kurva ini menurun dari kiri atas ke kanan bawah
yang berarti bahwa makin rendah harga (P), makin banyak jumlah yang diminta
(Q). Mengapa demikian, karena:
Orang yang mula-mula tak mampu membeli, dengan harga turun
maka menjadi mampu membeli atau dari pembeli potensiil menjadi pembeli riil.
Orang yang tadinya membeli barang lain karena tingkat
kemampuannya, sekarang menjadi membeli karena mampu.
- Penawaran
Penawaran adalah sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan
oleh penjual pada berbagai tingkat harga dan dalam waktu tertentu.
➧ Jenis-jenis Penawaran
a. Penawran individu adlaha penawaran yangdilakuakn oleh
satu orang penjual dan atau produsen.
b. Penawaran pasar adalah penjumlahan dari penawaran
individu.
- Hukum Penawaran
Hukum penawaran menyatakan semkain tinggi harga suatu
barang semakin banyak jumlah barang yang dibutuhkan, semakin rendah harga suatu
barang semakin sedikit jumlah barang yang ditawarkan. Hukum penawaran juga
bersifat ceteris paribus. Hal ini menunjukkan hubungan yang positif antara
harga barang atau jasa dengan kuantitas yang ditawarkan.
- Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran
➤ Biaya produksi dan teknologi yang digunakan.
Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi
maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal
karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku
terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya
produksi sehingga memicu penurunan harga.
➤ Tujuan Perusahaan.
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan
sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin
keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin
produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang
rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah
untuk menarik minat konsumen.
➤ Pajak.
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih
tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan
konsumen yang turun.
➤ Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap.
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang
murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga
terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.
➤ Prediksi / perkiraan harga di masa depan.
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan
akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa
menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.
- Kurva Penawaran
Kurva penawaran adalah garis yang menghubungkan titik-titik
pada tingkat harga dengan jumlah barang/jasa yang ditawarkan. Kurva penawaran
bergerak dari kiri bawah ke kanan atas yang menunjukkan bahwa jika harga barang
tinggi, para penjual/produsen akan menjual dalam jumlah yang lebih banyak.
Referensi:
https://wardayadi.wordpress.com/materi-ajar/kelas-x/permintaan-dan-penawaran/
http://fhirnaldy.blogspot.com/2018/12/permintaan-dan-penawaran.html
Komentar
Posting Komentar